Selasa, 24 Maret 2015

modul 3

A. Tujuan
  1. Mahasiswa mampu merancang basis data melalui tahap-tahap perancangannya.
  2. Mahasiswa mampu mewujudkan hasil perancangan basis data ke dalam diagram E-R secara manual.
B. Dasar Teori
Database dapat dimodelkan sebagai:
  1. Kumpulan dari entity (entitas)
  2. Hubungan antar entity (entitas)
·         Entity Sets
Entity adalah suatu obyek yang dapat dikenali dari obyek yang lain. Contoh: seseorang yang khusus, perusahaan, tanaman, dan lain-lain.

·         Attributes
Entity ditampilkan oleh sekumpulan attribute, yang mana properti deskriptipnya dikuasai oleh seluruh anggota dalam kumpulan entity.
Tipe attribute:

  1. Sederhana dan gabungan attribute
  2. Satu fungsi dan multi fungsi
  3. Asal attribute
·         Relationship Sets
Relationship adalah kesesuaian antar beberapa entity. Relationship set adalah hubungan matematika antara entity n > 2, tiap bagiannya diambil dari satuan entity.


Mengacu pada jumlah entity set yang terlibat dalam relationship set.Relationship sets yang melibatkan dua entity sets adalah binary (atau tingkat dua). Umumnya hampir semua relationship set dalam sistem database adalah binary.

·         Mapping Cardinalities (Cardinalitas Pemetaan)
Menangkap jumlah entitas ke entitas yang lain yang bisa dihubungkan melalui relationship set. Cardinalitas pemetaan paling banyak digunakan dalam menggambarkan relationship sets biner. Untuk relationship set biner cardinalitas pemetaan harus merupakan salah satudari tipe berikut:

  1. One to one (satu ke satu)
  2. One to many (satu ke banyak)
  3. Many to one (banyak ke satu)
  4. Many to many (banyak ke banyak)
·         ERD: Entity Relationship Diagram
Mencerminkan model database: hubungan antara entities (tabel-tabel) dan relationships (hubungan-hubungan) di antara entities tersebut.

  1. Rectangles melambangkan set-set entitas.
  2. Diamonds
  3. Lines menghubungkan atribut dengan set-set entitas serta set-set entitas dengan set-set hubungan (relationship).
  4. Ellipses mewakili attributes.
·         Aturan untuk Model Database
  1. Tiap baris harus berdiri sendiri.
  2. Tiap baris harus unik.
  3. Kolom harus berdiri sendiri.
  4. Nilai tiap kolom harus berupa satu kesatuan.
·         Tahap Pembuatan Database

1. Tahap 1: Tentukan Entities

Sifat-sifat entity:

·         Signifikan
·         Umum
·         Fundamental
·         Unitary
2. Tahap 2: Tentukan Atribut
Tentukan attributes (sifat-sifat) masing-masing entity sesuai kebutuhan database:
a.         Tentukan sifat-sifat (fields atau kolom) yang dimiliki tiap entity, serta tipe datanya.
b.         Attribute yang sesuai harus:
  1. Signifikan
  2. Bersifat langsung
c.         Tentukan attribute yang menjadi Primary Key untuk entity yangbersangkutan.
d.         Jika satuattribute tidak cukup, gabungan beberapa attribute bisa menjadi Composite Primary Key.
e.         Jika Composite Primary Key banyak sebaiknya menambahkan attribute buatan yang menjadi Primary Key yang tunggal.

3. Tahap 3: Tentukan Relationships

Menentukan hubungan-hubungan antar entitas:
a.         Tentukan jenis hubungan di antara entity yang satu dengan entitas yang lain.
b.         Macam hubungan ada 3:
  1. One to one (1:1)
  2. One to many (1:n)
  3. Many to many (m:n)
c.         Dalam membentuk hubungan di antara 2 entitas, tentukan attribute nama yang digunakan untuk menghubungkan kedua entitas tersebut.
d.         Tentukan entity mana yang menjadi tabel utama dan mana yang menjadi tabel kedua.
e.         Attribute (dari tabel utama) yang menghubungkannya dengan tabel kedua menjadi Foreign Key di tabel kedua.

4. Tahap 4: Pembuatan ERD
a. Buat Entity Relationship Diagram (ERD) berdasarkan hasil dari Tahap 1-3.
b. Ada berbagai macam notasi untuk pembuatan ERD.
c. Menggunakan software khusus untuk menggambar ERD.

5. Tahap 5: Proses normalisasi database

6. Tahap 6: Implementasi Database

C. Alat Bahan
  1. Komputer dengan sistem operasi Windows XP
  2. Modul Praktikum Sistem Berkas dan Basis Data
D. Langkah Kerja
Rancanglah sebuah database untuk menyelesaikan masalah berikut:
Suatu perusahaan software diminta membuktikan basis data yang akan menangani data-data perbankan. Data-data yang ditanganinnya adalah: data pribadi mengenai nasabah, data accoun membauka depositnya, dan data nasabah, cabang bank di mana nasabah mebuka depositnya, dan data transaksi yang dilakukan nasabah. Nasabah boleh mempunyai lebih dari satu account deposit, dan satu account deposit boleh dimiliki oleh lebih dari satu nasabah sekaligus (joint account).

Langkah-langkah perancangan database perbankan:
1. Menentukan entities (object-object) yang perlu ada di database.

·         Nasabah: menyimpan semua data pribadi semua nasabah.
·         Rekening: menyimpan informatika semua rekening yang telah dibuka.
·         Cabang_bank: menyimpan informasi semua cabang bank
·         Transaksi: menyimpan informasi tentang semua transaksi yang telah terjadi

2. Menentukan antribut masing-masing entity sesuai kebutuhan database
· Nasabah:
   o Id_nasabah
   o Nama_nasabah
   o Alamat_nasabah
·Rekening:
   o No_rekening
   o Pin
   o saldo
· Cabang_bank:
   o Kode_cabang
   o Nama_cabang
   o Alamat_cabang
· Transaksi:
   o No_transaksi
   o Jenis_transaksi
   o Tanggal
   o Jumlah



E. Analisa :
ER Diagram mempermudah dalam mengidentifikasi hubungan antar entitas dalam sebuah database.

F. Tugas
1. Buat rancangan sebuah database untuk menangani data-data kuliah. Data-data yang akan ditanganinya adalah: data pribadi mengenai mahasiswa, data pribadi mengenai dosen, data matakuliah dan data ruang kelas. Mahasiswa boleh mengambil lebih dari satu mata kuliah, dan satu mata kuliah boleh diambil oleh lebih dari satu mahasiswa sekaligus (joint account).
Buatlah ER Diagram manual untuk kasus tersebut dari tahap 1- tahap 4!

1) Menentukan entitas:
· Mahasiswa: menyimpan semua data pribadi semua mahasiswa.
· Dosen: menyimpan semua data pribadi semau dosen.
· Matakuliah: menyimpan informasi tentang semua mata kuliah yang ada.
· Ruang: menyimpan informasi tentang semua ruang kelas yang digunakan.

2) Menentukan attributes:
· Mahasiswa:
   o nama_mhs : nama lengkap mahasiswa (string)
   o nim : nomor induk mahasiswa (integer) PK
   o alamat_mhs : alamat mahasiswa (string)

· Dosen:
   o nama_dos : nama lengkap dosen (string)
   o nik : nomor induk kepegawaian (integer) PK
   o alamat_dos : alamat lengkap dosen (string)

· Matakuliah:
  o nama_mk : nama mata kuliah (string)
  o sks : sks mata kuliah (integer)
  o kode_mk : kode mata kuliah (integer) PK
  o semester : semester mata kuliah (integer)

· Ruang:
  o kode_ruang: kode untuk ruang kelas (string) PK
  o kapasitas : kapasitas untuk ruang kelas (integer)

3) Menetukan relationship antar entitas:

Hubungan:
· Mahasiswa dibimbing oleh Dosen:
  o Tabel utama: dosen
  o Tabel kedua: mahasiswa
  o Relationship: many to one (n:1)
  o Attribute penghubung: nik (FK nik di dosen)

· Dosen membimbing Matakuliah:
  o Tabel utama: Matakuliah
  o Tabel kedua: Dosen
  o Relationship: many to one (n:1)
  o Attribute penghubung: nik (FK kode_mk di Matakuliah)

· Mahasiswa mengambil Matakuliah:
  o Tabel utama: Mahasiswa, Matakuliah
  o Tabel kedua: mhs_ambil_mk
  o Relationship: many to many (m:n)
  o Attribute penghubung: nim, kode_mk (FK nim, kode_mk)

· Ruang digunakan untuk Matakuliah:
  o Tabel utama: Ruang
  o Tabel kedua: Matakuliah
  o Relationship: 1:1
  o Attribute pendukung: kode_ruang (FK kode_ruang di Matakuliah)
2. ambil contoh sembarang database. buatlah rancangan ER Diagram mannual database tersebut dari tahap 1 sampai 4, dengan ketentuan database minimal mengandung 4 entitas.
ER Diagram perpustakaan.

database perpustakaan.
1. menetukan entitas:
    a. buku
    b. peminjaman
    c. pegawai
    d. pengembalian
    e. anggota
2. menetukan atribut:
    a. buku
        1. kode_buku(integer)PK
        2. jumlah_buku(integer)
        3. judul_buku(string)
    b. penminjaman
        1. kode_pinjam(integer)PK
        2. tgl_pinjam(string)
        3. tgl_kembali(string)
    c. pegawai
        1. id_pegawai(integer)PK
        2. nama_pegawai(string)
        3. alamat(string)
    d. pengembalian
        1. tgl_kembali(string)
        2. kode_kembali(integer)PK
    e. anggota
        1. id_anggota(integer)PK
        2. nama_anggota(string)
        3. alamat(string)
        4. no_telp(integer)
3. menentukan relationship antar entitas.
    a. peminjam meminjam buku
        1. tabel utama buku
        2. tabel kedua peminjaman
        3. relationship : m:n
        4. atribut penghubung : kode_buku, kode_pinjam(FK kode_buku di buku)
    b. peminjam dilayani pegawai
        1. tabel utama pegawai
        2. tabel kedua peminjam
        3. relationship m:n
        4. atribut penghubung : kode_pinjam, id_pegawai(FK id_pegawai di pegawai)
    c. pegawai mengelola pengembalian
       1. tabel utama pegawai
       2. tabel kedua pengembalian
       3. relationship n:m
       4. atribut penghubung id_pegawai, kode_kembali(FK kode_kembali di pengembalian)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar